MUSDES PENETAPAN APBdes TA 2019 Ds. Klayusiwalan Kec. Batangan Kab. Pati

Klayusiwalan, 27/12/2018  Setelah mendapat persetujuan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD),  akhirnya APBDes Desa Klayusiwalan tahun anggaran 2019 disahkan dan di sosialisasikan.

Penetapan APBDes ini sudah sesuai dengan Permendagri nomor 110 tahun 2016 ttg BPD dan undang-undang DESA nomor 6 tahun 2014. APBDes merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM desa) serta Rencana Kerja Pemerintahan Desa ( RKPDes ) dan Musrenbangdes

Penetapan APBDes tersebut dihadiri diantaranya Bapak  Camat Subono, SH.MM, Kepala Desa Klayusiwalan Bpk. Subur dan perangkat Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua BPD dan Anggota, Ketua LPMD, KPMD, Karang Taruna, PKK, Ketua Rt/Rw dan tokoh masyarakat Desa Klayusiwalan sekitar 60 orang.

Adapun kegiatan penetapan APBDes di awali sambutan dan pemaparan oleh Bpk. Subur  selaku Kepala Desa pada intinya menyampaikan ” kegiatan penetapan  APBDes ini merupakan kegiatan rutin sesuai renc dan pentahapan yang dilaksanakan setiap tahun dan kegiatan ini sangat penting karena dari hasil penetapan APBDes ini menjadi pedoman pemerintah desa untuk melaksanakan program kerja desa tahun anggaran 2019.

Dilanjutnya pembacaan program kerja yang akan ditetapkan dan disahkan tentang pendapatan dan pengeluaran yang disusun dalam APBDes.  Dan dipaparkan secara rinci dan transparan sesuai kebutuhan anggaran sesuai program kegiatan desa yang dibagi menjadi 4 ( empat bidang ) diantaranya :  Bidang Pemerintahan, Bidang Pembangunan, Bidang pembinaan Masyarakat, Bidang Pemberdayaan Masyarakat .

Dengan adanya beberapa usulan yang sudah menjadi kesepakatan bersama dalam musdes ini akan menjadi keputusan musyawarah, dengan demikian rancangan APBDes bisa tetapkan dan disahkan menjadi Perdes ttg APBDes TA. 2019.

Camat Batangan dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggaran dan pendapatan belanja desa (APBDes)  tahun 2019 desa Klayusiwalan hari ini telah disahkan, semoga dalam pelaksanaan penggunaan dana desa nanti diharapkan betul-betul bisa dipertanggungjawabkan dg baik secara fisik maupun secara administrasi. Sehingga dengan dana desa yang sudah disalurkan oleh pemerintah  pusat diharapkan bisa menjadikan perubahan keadaan yg lebih maju / mengangkat perekonomian masyarakat yg tdk kalah pentingnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Klayusiwalan krn bisa menikmati hasil pembangunan suatu misal sarana infrastruktur yg selalu mendapat perhatian utk trs di tingkatkan pembangunannya.

Dalam sambutannya beliau juga mengapresiasi kepada Pemdes Desa klayusiwalan  dan Jajarannya yang selama ini telah bekerja keras untuk mewujudkan keharmonisan dan kondusifitas lingkungan Desa Klayusiwalan sehingga dalam pandangan beliau Desa Klayusiwalan termasuk Katagori terbaik 03 Besar di Kec. Batangan

Para peserta Musedes yg hadir dlm kegiatan tsbt sangat merespon positif dan memyambut baik serta punya rasa kebanggaan thdp lembaga desa yg terus peduli dan memperhatikan thdp perkembangan  kemajuan di desa Klayusiwalan ujarnya dari Bpk. Jamin selaku ketua BPD pada usai kegiatan RAPBDes.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan