“SIKAT WAE”

Menindak lanjuti himbaun dari kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati  Nomor 443/144/2019 dan intruksi Bupati Pati 443.42/384 terkait kegiatan SIKAT WAE, Maka Pemerintah Desa Klayusiwalan bersama masyarkat, karang Taruna, Babinsa, Bhabinkatibmas dan didampingi dari Tim Pukesmas Batangan melaksanakan kegiatan Siaga Masyarakat Waspada  Aides Aegepty ( SIKAT WAE) yang dilaksanakan Sabtu 9 Februari 2019. Dalam kegiatan tersebut Tim Puskesmas menghimbau agar masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

“Upaya pencegahan terhadap penularan DBD dan penyakit Virus Zika dilakukan dengan pemutusan rantai penularan DBD berupa pencegahan terhadap gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopicus,” sebutnya.

Disebutkannya, langkah-langkah yang dilakukan antara lain melakukan pemantauan jentik nyamuk dan PSN 3M Plus disetiap rumah secara rutin untuk memberantas sarang nyamuk yaitu dengan menguras tempat-tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat pemampungan air minum, penampungan air di lemari es, dan dispenser. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti drum atau gentong air, kendi air dan lainnya.

“Juga, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air seperti botol plastik, kaleng, ban bekas karena berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes,” tambahnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan