Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Filariasis) oleh PUSKESMAS Batangan.

KLAYUSIWALAN- Rabu, 9 Oktober 2019 – Balai Desa Klayusiwalan menjadi lokasi pertama Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) pencanangan bulan eliminasi kaki gajah (Filariasis) oleh PUSKESMAS Batangan.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh, Ibu Ita Nurhayati, SKM, MM selaku Kepala Puskesman Batangan beserta jajarannya, Bapak Camat Batangan, Kepala Desa se Kecamatan Batangan beserta Kadernya.

Kepala Puskesmas Batangan Ibu Ita Nurhayati, SKM, MM. dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya meminum obat pencegahan Kaki gajah (Filariasis), jika ada sasaran POMP Filariasis yang tidak meminum obat tersebut, maka dirinya menilai hal ini akan menjadi masalah. Sebab dapat membuka peluang penularan Filariasis. Beliau juga  menjelaskan tentang Filariasis (penyakit kaki gajah) adalah penyakit menular yang disebabkan cacing filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat kronis (menahun) dan bila tidak mendapatkan pengobatan menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin. Akibatnya penderita tidak dapat bekerja secara optimal bahkan hidupnya tergantung kepada orang lain sehingga menjadi beban keluarga, masyarakat dan negara.

Untuk pemberantasan penyakit ini sampai tuntas (eliminasi), WHO menetapkan kesepakatan Global (The Global Goal of Elimination of Lymphatic Filariasis as Public Health Problem by the Year 2020). Program Eliminasi dilaksanakan melalui pengobatan massal DEC dan Albendazol setahun sekali selama minimal 5 tahun di daerah endemis dan perawatan kasus klinis baik yang akut maupun kronis untuk mencegah kecacatan dan mengurangi penderitaannya.

Sebagai symbol pencanangan Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) dalam acara tersebut juga diadakan minum obat kaki gajah bersama-sama.

Dalam akhir sesi acara juga diberikan beberapa pertanyaan untuk merespon tentang materi yang disampaikan oleh nara sumber dan sebagai apresiasi akan diberikan hadiah menarik.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan