Musrenbangdes Tahun 2019 Untuk Penyusunan RKPDes Tahun 2020 Desa Klayusiwalan

Suatu pelaksanaan pembangunan yang baik, adalah berawal dari perencanaan yang matang dan baik pula, Musrenbangdes adalah merupakan forum musyawarah perencanaan pembangunan desa di laksanakan setiap tahun  yang di hadiri oleh seluruh pemangku lembaga-lembaga desa pejabat-pejabat yang berwenang berkumpul dan bermusyawarah untuk mengatasi masalah yang ada di Desa dan untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran berikutnya tentunya yang menjadi skala prioritas di Suatu Desa,

Musrenbangdes Desa Klayusiwalan  dilaksanakan pada Hari Rabu Tanggal 20 November 2019 di Balai Desa Klayusiwalan jam 19:30. Musyawarah ini dihadiri oleh Bapak Camat Bapak Subono Sh. MM, Sekcam Muhammad Roni, Kepala Desa Bapak Subur beserta perangkat desa, Ketua BPD dan anggotanya, Kasipem Kecamatan Batangan Bapak Teguh Suyanto, Kasi PMD Samirah, Danramil, kapolsek, ketua RT, Ketua RW, Anggota Bumdes, toga, tomas, LPMD, PKK, KPMD, KPM, PLD Mastur dan PDP P3MD M. Agus Prijadi.

Pak Camat Subono berpesan “salah satu prioritas pembangunan tahun 2020 adalah pencegahan stunting. Desa Klayusiwalan sudah cukup banyak mengagendakan kegiatan untuk penanggulangan stunting tersebut. Pembangunan tidak hanya pembangunan fisik tetapi pembangunan manusia juga sangat penting seperti dengan adanya KPM”.

Salah satu agenda prioritas pembangunan di Desa Klayusiwalan adalah program pencegahan dan penanganan stunting dengan sejumlah kegiatan diantaranya fasilitasi kelas ibu hamil, kelas ibu balita, PMT balita, PMT untuk ibu hamil, sejumlah pelatihan-pelatihan dan sosialisasi untuk pencegahan stunting di  tahun 2020.

Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati rencana kerja  pembangunan desa (RKPD) tahun anggaran berikutnya. Musrenbangdes merupakan agenda tahunan dan setiap tahun dilakukan sebagai amanah UU 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Warga masyarakat bisa menyampaikan aspirasi pembangunan di forum desa yang bernama Musdes (musyawarah desa). Di forum musdes, warga menyampaikan masalah-masalah yang ada di desa dan usulan-usulan kegiatan untuk penyelesaian masalah tersebut. Di forum musdes ini juga dibentuk “Tim verifikasi” yang bertugas memverikasi masalah serta alternatif solusinya, termasuk melakukan pengukuran usulan kegiatan yang diusulkan saat musdes.

Sementara di forum musrenbangdes, dipaparkan usulan-usulan kegiatan berikut dengan pembiayaannya untuk disepakati skala prioritasnya. Musrenbangdes dijadikan Dasar Rencana Kerja Pembangunan Desa Tahun berikutnya. Semua usulan kegiatan untuk penyelesaian masalah dimusyawarahkan  di forum musrenbangdes  ini. Sejumlah masalah diprioritaskan untuk diselesaikan terlebih dahulu dengan sejumlah usulan kegiatan yang sudah ada dari hasil musdes sebelumnya.

Hasil Musrenbangdes tahun Anggaran 2020 yang selanjutnya dituangkan dalam berita acara Musrenbangdes selanjutnya dibuatkan Perdes tentang Rencana Kerja Pemerintah desa tahun anggaran 2020 yang disahkan Pemdes dan BPD. Untuk dijadikan RKPDes tahun 2020 dan selanjutnya akan dirumuskan dalam rancangan APBDes tahun 2020.

 

PDP P3MD M. Agus Prijadi

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan