PEMBERIAN PMT KEPADA IBU MENYUSUI

Klayusiwalan-Batangan.desa.id; Pelaksanan pertemuan Kelas ibu Menyusui bulan ke empat dilaksanakan pada hari Selasa, 21 April 2020 bertempat di Balai Desa Klayusiwalan yang dihadiri oleh ibu-ibu menyusui, kader desa, dan Ny. Iswati selaku Bidan Desa Klayusiwalan dengan mematuhi protokol pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid 19 seperti cuci tangan pakai sabun, Memakai masker, menjaga jarak dan tes suhu badan.

Pemberian makanan tambahan (PMT) kepada Ibu Menyusui merupakan program desa yang diambilkan dari Dana Desa anggaran 2020. Dalam pertemuan kelas ibu menyusi sebagai selingan dengan bentuk kudapan atau makanan penuh yang memperhatikan keseimbangan kandungan makanan khususnya lokal sangatlah penting untuk pemulihan gizi bagi ibu menyusui

Pertemuan ibu menyusui sebagai sarana penyuluhan merupakan salah satu cara penyuluhan gizi seimbang, khususnya untuk meningkatkan keadaan ibu menyusui yang akan terdampak pada bayi.

Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal.

  • Gizi seimbang mengandung 3 zat gizi utama yaitu:
  1. Zat tenaga (yang terdiri dari karbohidrat dan  lemak)
  2. Zat pembangun  (yang terdiri dari protein)
  3. Zat pengatur (yang terdiri dari vitamin dan mineral)

Harapannya dengan adanya kegiatan pemberian Makanan tambahan dan pemberiaan penyuluhan kepada ibu menyusui dapat meningkatkan kesehatan ibu dan bayi dalam upaya bersama pencegahan dan pengentasan stunting

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan