Kelas Ibu Hamil – Edukasi Seputar Kehamilan dan Persalinan

Kelas Ibu Hamil, 16 Agustus 2021

Klayusiwalan-batangan.desa.id; Kehamilan merupakan salah satu kebahagiaan suami istri dalam berumah tangga. Hadirnya seorang anak akan selalu dinanti. Namun dibalik semua itu pasti setiap ibu hamil memiliki kekhawatiran tersendiri terhadap kehamilan dan proses persalinan yang akan dilaluinya. Oleh karena itu pada hari Senin, 16 agustus 2021 lalu diadakan kelas ibu hamil yang bertempat di balai desa Klayusiwalan.

para ibu hamil mengisi daftar hadir

Bu Iswati selaku bidan desa Klayusiwalan menggandeng bidan dari Puskesmas Batangan untuk mengedukasi para calon ibu agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan yang sehat. Kelas ibu hamil tersebut dihadiri 25 peserta dari total 34 ibu hamil di Klayusiwalan, dari trisemester pertama hingga trisemester ketiga kehamilan.

Sebelum penyampaian materi dari bidan Puskesmas, Bu Iswati menghimbau kepada semua ibu hamil yang datang di kelas tersebut untuk melakukan vaksin covid-19. “Sebenarnya itu hak kalian (para ibu hamil) memilih divaksin atau tidak. Namun mengingat sudah banyak kasus ibu hamil meninggal yang diakibatkan oleh virus tersebut, Menteri Kesehatan menyarankan agar ibu hamil juga melakukan vaksinasi. Namun hanya boleh dilakukan saat usia kehamilan memasuki trisemester kedua. Selain itu sekarang untuk pengurusan apapun diperlukan surat keterangan vaksin” ucap bu Iswati.

himbauan bu Iswati kepada ibu hamil untuk melakukan vaksinasi covid-19

Sambil menyimak buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) para ibu hamil mendengarkan materi yang disampaikan oleh bidan Puskesmas tentang proses kehamilan sampai persalinan. Banyak disampaikan hal-hal penting yang harus diperhatikan calon ibu, mulai dari makanan yang dikonsumsi, tanda-tanda bahaya saat persalinan, hingga mempraktekkan cara megASIhi yang benar.

penyampaian materi kehamilan dan persalinan oleh bidan Puskesmas Batangan

Ada yang menarik ditengah-tengah acara tersebut, bu bidan Puskemas mengajak para ibu hamil untuk sejenak melemaskan otot-otot setelah lelah duduk dengan gerakan senam ringan sambil bernyanyi bersama. Acara kelas ibu hamil berakhir pukul 11.00 WIB, dua jam para ibu hamil telah mendapatkan tambahan pengetahuan agar lebih siaga di masa kehamilan yang dijalani.

senam ringan agar para ibu hamil tidak lelah duduk

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan