Program Posyandu Balita Kedua Setelah Masa PPKM

klayusiwalan-batangan.desa.id. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Manfaat dari posyandu yaitu untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

Pada hari Senin 13 September 2021 di desa Klayusiwalan melaksanakan program posyandu balita kedua setelah masa PPKM. Penempatan program ini terbagi menjadi IV pos. Setiap pos mendapat tanggal posyandu yang berbeda. Biasanya setiap tanggal 12 dilaksanakan posyandu pos IV di  rumah bu Isnaini.

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus turut serta membantu dalam pelaksanaan posyandu balita.Penimbangan balita ini dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan dilakukan secara rutin di posyandu untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan pada balita. Setiap warga yang membawa balita hendak mengikuti posyandu wajib mengisi pendaftaran terlebih dahulu. Setelah itu anak ditimbang dan diukur tinggi badannya oleh petugas posyandu. Kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat dketahui status pertumbuhan balita. KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau perkembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan.

Setiap anak yang sudah diimunisasikan biasanya diberi jajanan berupa telur, biskuit dan makanan yang mengandung gizi protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, fosfor dan lain sebagainya, guna untuk memenuhi asupan gizi anak. Setiap anak yang sudah diimunisasi diharuskan untuk segera pulang, agar tidak menyebabkan kerumunan karena masih dalam masa pandemi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan