Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Lansia di Desa Klayusiwalan

klayusiwalan-batangan.desa.id. Menurut Kemenkes (2011), Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.

Pada tanggal 28 September 2021 diadakan kegiatan posyandu lansia di Balai Desa Klayusiwalan. Kurang lebih ada 30 lansia yang mengikuti kegiatan tersebut. Setiap warga yang mendaftar harus mematuhi protokol kesehatan. Adapun syarat mengikuti posyandu lansia ini adalah dengan cara mendaftar menggunakan foto copy KTP dan kartu BPJS (jika memiliki).

Pengukuran berat badan dan lingkar pinggang lansia oleh ibu-ibu PKK dengan dibantu mahasiswa KKN.

Pelaksanaan kegiatan ini dengan menggunakan sistem 5 meja yaitu : Meja 1: pendaftaran, meja 2: pengukuran berat badan dan lingkar pinggang, meja 3: pencatatan dan pengisian KMS, meja 4: penyuluhan berdasarkan KMS, meja 5: Pelayanan medis oleh tenaga professional yaitu petugas dari Puskesmas/kesehatan meliputi kegiatan : pemeriksaan dan pengobatan ringan. Ibu-ibu PKK turut serta membantu dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Bu iswati selaku bidan desa Klayusiwalan menghimbau kepada masyarakat lansia untuk menjaga kesehatan sejak dini dengan cara selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan di dalam rumah.

Hal ini sesuai dengan tujuan diadakannya posyandu lansia yaitu untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia untuk mencapai masa tua yg bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan