Pelatihan Berbasis Kompetensi – Pelatihan Menjahit di Desa Klayusiwalan Resmi Dibuka

Pembukaan Pelahitan Menjahit di Desa Klayusiwalan, 19 Oktober 2021

Pelatihan Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja (UPTD BLK Disnaker) Kabupaten Pati di Desa Klayusiwalan resmi dibuka hari ini. Dari banyaknya jenis pelatihan, Desa Klayusiwalan mendapatkan jenis pelatihan menjahit. Pendaftaran sudah dimulai sejak satu bulan lalu melalui ketua RT masing-masing. Sebanyak 16 peserta akan mengikuti pelatihan menjahit yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2021.

Acara pembukaan pelatihan menjahit pagi tadi dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati, Pak Tri Hariyama, SH. MM. Turut hadir Pak Siswanto selaku Kepala Desa Klayusiwalan, Pak Aminuddin selaku Ketua Yayasan Sawonggaling , staf dari BLK dan Disnaker, serta beberapa lembaga desa yang ikut membantu jalannya acara.

Dalam sambutannya, Pak Tri Hariyama, SH. MM. berpesan agar semua peserta serius dalam menjalani pelatihan dan diharapkan ada pengembangan setelah pelatihan menjahit ini berakhir. Sama halnya dengan Pak Siwanto, beliau berharap peserta nantinya dapat mengembangkan bekal keterampilan yang mereka peroleh dari hasil pelatihan untuk membuka peluang usaha secara mandiri sehingga bisa meningkatkan income atau pendapatan.

16 mesin jahit yang akan digunakan dalam pelatihan

Kegiatan yang akan berlangsung kurang lebih satu bulan kedepan ini bertempat di Gedung Madrasah Diniyah Dukuh Cerme 09/02 Desa Klayusiwalan. Peserta akan menjalani pelatihan setiap harinya mulai pukul 08.00-13.00 WIB, yang dimulai lusa tanggal 21 Oktober 2021. Jadwal tersebut tidak terhitung hari minggu.

Peserta pelatihan yang semuanya wanita ini nantinya akan mendapatkan fasilitas berupa mesin jahit, modul latihan, kain batik sebagai bahan, alat ukur, serta dua buah seragam yang disediakan oleh pihak BLK. Semua fasilitas yang didapat peserta tidak dipungut biaya apapun, dengan kata lain pelatihan menjahit ini gratis. Tentunya akan ada instruktur handal yang mengajari proses dari awal sampai akhir pelatihan. Di akhir pelatihan peserta akan mendapatkan sertifikat yang bisa mereka gunakan sebagai pendukung ketika memasuki dunia kerja.

penyerahan seragam dan peralatan menjahit oleh Pak Tri Hariyama, SH. MM. kepada salah satu peserta pelatihan

Diakhir acara, Pak Tri Hariyama, SH. MM. memberikan seragam dan peralatan lainnya kepada salah satu peserta sebagai simbol bahwa pelatihan menjahit di Desa Klayusiwalan resmi dibuka.

pengecekan mesin jahit oleh lembaga desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan