Pertemuan Kelas Lansia

  • Jan 19, 2023
  • KLAYUSIWALAN-BATANGAN

Pada hari Rabu 18-01-2022 dilakukan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) bagi Lansia Resti di Desa Klayusiwalan bersama Puskesmas, bidan desa, Kader Lansia dan Kader Siaga. Lansia Resti adalah lansia resiko tinggi (usia > 70 tahun).

Semakin majunya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam bidang kesehatan memberikan dampak terhadap peningkatan usia harapan hidup.Peningkatan usia harapan hidup terutama kualitas usia lanjut tdak diikuti oleh peningkatan kualitas hidupnya. Lansia sering dianggap sebagai golongan yang lemah, tetapi lansia memiliki peran yang berarti bagi masyarakat. Lansia memiliki penalaran moral yang bagus untuk generasi dibawahnya. Lansia memiliki semacam gairah yang tinggi karena secara alami, manusia akan cenderung memanfaatkan masa-masa akhirnya secara optimal untuk melakukan pewarisan nilai dan norma. Hal ini justru mempermudah kita untuk membina moral anak anak.

Wujud dari usaha pemerintah desa dalam usaha memperhatikan para lansia adalah dicanangkannya pelayanan kesehatan bagi lansia seperti, pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dan dicatat pada grafik indeks massa tubuh (IMT). Kegiatan lain yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi setempat yaitu :

  1. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebagai contoh menu makanan dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lansia. 

Kegiatan olahraga antara lain senam lansia, gerak jalan santai keliling desa dan lain sebagainya untuk meningkatkan kebugaran