Sedekah Bumi, Ungkapan Rasa Syukur

  • Jun 15, 2023
  • KLAYUSIWALAN-BATANGAN

Sedekah bumi atau biasa disebut kabumi adalah perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT dan wujud nyata gotong-royong warga, perayaan sedekah bumi juga bertujuan untuk menjaga tradisi dan melestarikan kebudayaan yang diwariskan oleh para leluhur.

sedekah bumi di desa Klayusiwalan dilaksanakan pada hari Selasa Kliwon tanggal  13 Juni 2023, rangkaian acara sedekah bumi diawali dengan karnaval yang diikuti oleh pemdes, lembaga desa dan sebagian besar warga desa Klayusiwalan yang dilaksanakan pada hari ahad, 11 Juni 2023 jam 08.00, dilanjutkan pada hari Senin jam 16.00 WIB yaitu khataman di 4 Punden Desa Klayusiwalan. acara inti dilaksanakan pada hari Selasa Kliwon pagi jam 08.00 dilaksanakan Kenduren atau selamatan merupakan salah satu acara adat yang diadakan sebagai perwujudan dari rasa syukur kepada Tuhan atas terkabulnya doa dan harapan. Acara ini diikuti oleh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Rangkaian acara pada tahun ini sangat meriah turnamen bola voly ikut meramaikan gebyar Sedekah Bumi Desa Klayusiwalan mulai hari Senin  dan final pada hari Ahad. 

sebagai  puncak acara  yaitu pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang dimulai pukul 20.00 sampai 03.30 bersama ki dalang Riris dinjut hari Kamis Ketoprak Wahyu Budoyo dan masih banyak acara yang ikut menyemarakkan acara sedekah bumi tahun 2023