UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PEMDES KLAYUSIWALAN

  • Jun 23, 2021
  • klayusiwalan
  • BERITA, PEMERINTAHAN, KEGIATAN

Klayusiwalan-batangan.desa.id; Pada kepemimpinan kepala desa yang baru pelayanan kepada masyarakat difokuskan dikantor desa pada jam operasional yaitu pukul 08.00 WIB s/d 13.00 WIB. Guna meningkatkan sistem manajemen pemerintahan desa harus dilakukan penataan administrasi supaya bisa bekerja secara efisien dan efektif. Proses penataan administrasi desa sendiri adalah pencatatan informasi dan data untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan pemerintahan desa. Karena itu, perlu dilakukan penyempurnaan pelaksanaan administrasi.

Berikut beberapa jenis penyelenggaraan administrasi desa, diantaranya :

  1. Administrasi Umum, yaitu aktivitas pencatatan informasi dan data tentang aktivitas pemerintahan desa dalam buku administrasi umum di kantor desa.

  2. Administrasi penduduk ialah kegiatan pencatatan informasi dan data tentang kependudukan yang terdapat dalam buku administrasi penduduk yang ada di kantor desa.

  3. Terakhir, Administrasi pembangunan yaitu kegiatan pencatatan informasi dan data pembangunan yang direncanakan, sedang berlangsung dan sudah dilaksanakan dalam buku administrasi pembangunan di kantor desa.